KRTI TEAMS

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) adalah kompetisi pesawat tanpa awak (UAV) paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) dan diperuntukkan bagi seluruh universitas di Indonesia. Kompetisi ini diadakan setiap tahunnya di bulan Oktober atau November.

Javistha Asvatara

Javistha Asvatara adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Racing Plane. Divisi racing plane memiliki misi yaitu terbang balapan secara autonomus dengan tim lain yang memiliki suatu jalur yang telah ditentukan oleh panitia.

Aksantavirya

Aksantavirya adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Fixed Wing. Divisi Fixed Wing memiliki misi yaitu melakukan pemetaan udara (Aerial Mapping) dan pemantauan udara (Aerial Monitoring) secara autonomous.

Altigen Krasnala

Altigen Krasnala adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Vertical Take-Off and Landing. Divisi Vertical Take-Off and Landing memiliki misi yaitu melakukan misi tertentu yang membutuhkan penentuan keputusan saat terbang secara autonomus (kecerdasan buatan).

Parama Nawasena

Prama Nawasena adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Technology Development : Airframe. Divisi Technology Development Airframe memiliki misi yaitu melakukan inovasi pengembangan teknologi yang meliputi airframe configuration, material, manufaktur, dan sistem pendukung pada wahana UAV. Tim ini mengembangkan wahana hybrid VTOL untuk KRTI 2019.

Anagata Prapelaka

Anagata Prapelaka adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Technology Development: Propulsion. Divisi Technology Development Airframe memiliki misi yaitu melakukan pengembangan teknologi yang meliputi electric motor, internal combustion engine, jet turbine dan propeller pada UAV. Tim ini mengembangkan sistem variable pitch propeller untuk wahana UAV fixed wing pada KRTI 2019.

Bhimasena Digjaya

Bhimasena Digjaya adalah perwakilan tim aksantara ITB dalam lomba KRTI pada divisi Technology Development: Flight Controller. Divisi Technology Development Airframe memiliki misi yaitu mengembangkan teknologi sistem dari flight controller untuk UAV.

INTERNATIONAL TEAMS

TÜBITAK

TÜBITAK International UAV Competition adalah sebuah perlombaan UAV tingkat internasional yang diselenggarakan oleh dewan Penelitian Sains dan Teknologi Turki dan dilombakan untuk tingkat SMA/Sederajat dan Universitas/Sederajat. Kompetisi ini merupakan bagian dari acara Teknofest yang merupakan acara pameran dan kompetisi teknologi terbesar di Istanbul, Turki. Acara ini diadakan setiap tahunnya pada bulan September.

Gana Raksaka

Gana Raksaka adalah perwakilan tim Aksantara ITB dalam lomba TUBITAK international UAV Competition yang mengikuti divisi Fixed Wing yang berlomba menjalankan misi payload-dropping seakurat dan secepat mungkin.

Traya Vata

Traya Vata adalah perwakilan tim Aksantara ITB dalam lomba TUBITAK international UAV Competition yang mengikuti divisi Rotary Wing yang berlomba menjalankan misi pickup dan drop botol pada posisi yang telah ditentukan dengan penentuan keputusan saat terbang autonomus.

SAFMC

Singapore Amazing Flying Machine Competitions (SAFMC) adalah sebuah perlombaan UAV tingkat internasional yang diadakan oleh DSO National Laboratories and Science Centre Singapore dan dilombakan untuk tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, hingga universitas/sederajat. Kompetisi ini diadakan setiap tahunnya pada bulan Maret.

Maung Ngapung

Adalah tim lomba Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2019  yang mengikuti kategori E : Unconventional Design. Tim ini telah berhasil memenangkan juara 3 pada kompetisi tahun ini